Oleh
: Kristina Damayanti S.Pd
(TK
Kemala Bhayangkari 43)
Telah
kita maklumi bersama bahwa media pembelajaran memainkan peran yang cukup
penting untuk mewujudkan kegiatan belajar menjadi lebih efektif dan efisien,
hal ini karena media pembelajaran memiliki posisi sentral dalam proses belajar
dan bukan semata-mata sebagai alat bantu pembelajaran.
Media
pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan
dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan,
perhatian dan minat, serta perhatian siswa sehingga proses belajar terjadi .
Peran
media dalam pembelajaran khususnya dalam pendidikan anak usia dini sangat
penting mengingat perkembangan anak pada usia tersebut berada pada masa
berfikir konkrit. Seorang guru pada saat menyajikan informasi kepada anak usia
dini harus menggunakan media agar informasi tersebut dapat diterima atau
diserap oleh anak dengan baik dan pada akhirnya diharapkan terjadi
perubahan-perubahan perilaku berupa kemampuan-kemampuan dalam hal pengetahuan,
sikap, dan keterampilannya.
Di
era teknologi dan informasi saat ini , salah satu media yang banyak digunakan
dalam pembelajaran adalah powerpoint . Powerpoint merupakan salah satu aplikasi
dari Microsoft yang diperuntukkan sebagai media presentasi. Powerpoint
mungkin dianggap salah satu aplikasi yang dianggap sangat bersahabat bagi
penggunanya. Powerpoint dapat digunakan dengan menggunakan komputer berbasis
sistem operasi Microsoft Windows. Pemanfaat powerpoint sebagai media
pembelajaran dapat pula dipergunakan untuk pembelajaran di PAUD, syaratnya
tentu saja guru harus dapat mengoperasikan komputer.
Guru
profesional saat ini dituntut untuk dapat mengoperasikan perangkat komputer
termasuk didalamnya membuat dan mengoperasikan bahan presentasi dalam bentuk
powerpoint sebagai media pembelajaran. Bagi guru, presentasi dengan menggunakan
powerpoint dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang menarik bagi siswa.
Dengan media presentasi yang menarik, guru dapat mengkomunikasikan dengan baik
materi pembelajarannya.
Dengan
menggunakan powerpoint di dalam proses pembelajaran, ada beberapa kelebihan
yang dapat diperoleh, diantaranya :
1.
Penyajiannya menarik karena ada
permainan warna, huruf dan animasi, baik animasi teks maupun animasi gambar
atau foto;
2.
Lebih merangsang anak untuk
mengetahui lebih jauh informasi tentang bahan ajar yang tersaji;
3.
Pesan informasi secara visual mudah
dipahami peserta didik;
Penggunaan
powerpoint sebagai media pembelajaran di PAUD tentu saja harus disesuaikan
dengan karakteristik materi dan metode pembelajarannya. Salah satu metode
pembelajaran yang cocok menggunakan powerpoint sebagai media pembelajaran di
PAUD adalah metode bercerita. Bagi anak usia dini, kegiatan bercerita
atau mendongeng adalah kegiatan yang sangat ditunggu dan menyenangkan . Begitu
banyak manfaat bercerita bagi perkembangan anak, diantaranya adalah dapat
:
1.
Mengembangkan daya imajinasi anak
2.
Meningkatkan keterampilan dalam
berbahasa
3.
Membangkitkan minat baca anak
4.
Membangun kecerdasan emosional anak
5.
Membentuk rasa empati anak
Dalam
penelitian tindakan kelas (PTK) yang pernah penulis lakukan tentang
“Pemanfaatan Powerpoint Sebagai Media Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan
Berbahasa Siswa di Kelompok B TK Kemala Bhayangkari 43 “,
diperoleh data menarik bahwa pemanfaatan powerpoint sebagai media bercerita
dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak .
Pada
siklus pertama, penulis menggunakan buku cerita bergambar sebagai media
berceritanya dan pada siklus kedua penulis menggunakan powerpoint sebagai media
berceritanya . Berdasarkan hasil observasi terhadap siswa, ternyata ada
kenaikan sekitar 30 % kemampuan berbahasa anak pada siklus kedua. Artinya
memang powerpoint sebagai media bercerita sangat efektif dalam meningkatkankan
kemampuan berbahasa anak.
Satu
lagi fakta yang menarik adalah ketika penulis bercerita dengan menggunakan
powerpoint, terlihat bagaimana perhatian, ekspresi wajah, dan rasa ingin
tahu anak begitu besar terhadap isi cerita, terlebih ketika pada layar
diperlihatkan proses metamorfosis ulat menjadi kupu-kupu ….wuih tidak bisa
dijelaskan dengan kata-kata bagaimana ekpresi wajah anak-anak.
Sekarang
setiap penulis ke sekolah membawa laptop , anak-anak menjadi senang , “horee Bu
Ina bawa laptop, pasti mau bercerita lagi ….. ! “ . Duuuh sepertinya mulai saat ini
penulis harus mempunyai stok cerita yang lebih banyak lagi !!
keren Bunda ...aku jadi ingin belajar !!
BalasHapus