Kita semua telah maklum bahwa kegiatan
bermain memiliki arti penting dalam memberikan layanan pendidikan anak usia
dini. Kegiatan main yang terarah akan memberikan pengaruh positif terhadap
perkembangan seluruh potensi anak . Untuk itulah maka peran pendidik sangat
besar dalam memberikan kegiatan-kegiatan
pembelajaran yang tepat bagi anak. Sebenarnya begitu banyak bentuk kegiatan pembelajaran yang
dapat dikembangkan oleh pendidik melalui
kegiatan bermain.
Melalui tulisan ini, secara berseri akan
dibahas beberapa bentuk kegiatan bermain anak yang dapat dikembangkan oleh
pendidik PAUD.
1
|
Bentuk
Kegiatan
|
:
|
Berkreasi
Dengan Cetakan
|
2.
|
Kelompok
Usia
|
:
|
4-5 tahun
|
3.
|
Kompetensi
yang dikembangkan
|
:
|
- Menjiplak bentuk
- Mengkoordinasi mata dan
tangan untuk melakukan gerakan yang rumit
- Melakukan gerakan manipulatif
untuk menghasilkan suatu bentuk
- Mengekspesikan diri dengan berkarya seni
menggunakan berbagai media
|
4.
|
Indikator
|
:
|
- Anak dapat meniru contoh yang
diberikan dengan baik
- Anak dapat memanipulasi
gerakan untuk mengasilkan suatu karya
- Anak memiliki ketepatan
gerakan dalam pengerjaan
- Naturalisasi anak dapat mengembakan imajinasi
melalui kegiatan mencetak dari benda-benda yang diinginkan.
|
5.
|
Persiapan
|
:
|
- mangkuk (wadah)
- pewarna (3 macam)
- kentang, wortel, daun, pelepah pisang
- pisau
- kuas
- kertas
|
6.
|
Kegiatan
|
:
|
- Guru menyiapkan alat dan bahan untuk mencetak.
- Guru menjelaskan fungsi dari masing-masing alat
dan bahan yang di sediakan, dan guru juga menjelaskan tentang kegiatan yang
akan dilakukan
- Guru memberi contoh terlebih dahulu proses
kegiatan yang akan dilakukan anak sampai selesai
- Setelah itu murid di beri kesempatan untuk
mencoba
- Pertama-tama, guru memberikan alat dan bahan
yang dibutuhkan tiap murid, berupa kertas, wadah berisi pewarna, dan cetakan
dari kentang yang sudah dibentuk sedemikian rupa
- Anak mengikuti contoh yang telah diberi
sebelumnya, yaitu anak memberi warna pada dasar cetakan, bisa di oles dengan
koas atau bisa juga di celupkan ke dalam pewarna
- Lalu anak mulai mencetak diatas kertas yang
telah di sediakan guru.
- Saat anak selesai mencetak, hasil karya anak
didiamkan beberapa agar pewarna kering terlebih dahulu, setelah pewarna
benarbenar kering hasil karya anak sudah bisa di kumpulkan.
- Kegiatan mencetak seperti ini
biasanya dilakukan secara berkelompok.
|
7.
|
Evaluasi
|
:
|
- Objek evaluasi: mengamati performa anak dalam
bentuk akti vitas anak saat berkreasi dengan berbagai cetakan dan respon anak
saat kerja sama antara anak dengan anak.
- Bentuk Evaluasi : Evaluasi proses dalam bentuk format catatan
anekdot, catatan berjalan (running record), catatan specimen (specimen
record),catatan observasi, time sampling dan lain-lain)
- Format evaluasi:
|
Misalnya dengan observasi :
No
|
Tanggal
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Aspek yang Diamati
|
Hasil Pengamatan
|
1
|
|
Mencetak dengan berbagai media
|
Meniru contoh yang diberikan memanipulasi
gerakan ketepatan gerakan naturalisasi dari hasil imajinasi anak
|
|
Sumber : Yohana Rumanda SE dkk. (2011) Pembelajaran Anak Usia Dini Yang
Menyenangkan Melalui Bermain, Direktorat P2TK PAUDNI, Kemdikbud, Jakarta
Bentuk-bentuk bermain sangat beragam dapat menempatkan kemampuan anak dalam peningkatan perkembangannya secara optimal...terimakasih...salam sukses.
BalasHapus